Wednesday, May 21, 2008

C.S. Lewis, Man Behind The Narnia Land

Kita kenal banget dengan nama Narnia, Pevensie bersaudara ato Aslan semenjak beredarnya film The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe taon 2005 silam. Apalagi sekarang ini rilis juga film kedua dari serial Narnia ini, Prince Caspian. Tapi pada sering denger C.S. Lewis gak? Pasti banyak yang menggeleng...

C.S. Lewis adalah penulis serial The Chronicles of Narnia. Bernama asli Clive Staples Lewis lahir di Belfast, Irlandia tahun 1898. Lewis adalah sobat karib J.R.R. Tolkien sang penulis trilogi The Lord of the Rings. The Chronicles of Narnia ditulis dari tahun 1950-1956 diawali dengan The Lion, the Witch and the Wardrobe disusul Prince Caspian, The Voyage of the Dawn Trader, The Silver Chair, The Horse and His Boy, The Magician's Nephew dan ditutup dengan The Last Battle. Tetapi pada dasarnya novel pembuka dari serial ini adalah The Magician's Nephew dimana di kisah tersebut diceritakan awal mula negeri Narnia dan cikal bakal kenapa lemari besar (wardrobe) bisa menjadi pintu masuk bagi Pevensie bersaudara menuju negeri Narnia.

The Chronicles of Narnia merupakan satu2nya novel anak2 karyanya. Serial ini juga telah diterjemahkan ke dalam 30 bahasa dan mencapai penjualan lebih dari 100 juta kopi. Lewis meninggal dunia pada usia 64 tahun akibat penyakit ginjal dan jantung yang dideritanya.

No comments: